Rabu, 11 Mei 2011

tugas kuliah punuk janda


TUGAS FISIOLOGI
Oleh: Aprilya Roza Werdani
(1006772714)

1.      Apa itu widow’s hump?

Widow’s hump disebut juga dengan punuk janda. Hal tersebut dikarenakan penyakit ini umumnya diderita oleh wanita, terutama wanita setelah menopause. Pada kenyataannya hanya sedikit laki-laki yang menderita penyakit ini. Widow’s hump dicirikan dengan memburuknya postur tubuh atau membungkuknya tulang belakang pada wanita lansia. Keadaan tersebut disebabkan oleh penderita mengalami osteoporosis. Penyakit osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang. Walaupun sebagian besar penderita widow’s hump adalah wanita lansia, tidak menutup kemungkinan wanita yang masih muda terkena penyakit tersebut. Sekarang telah ditemukan wanita muda yang menderita widow’s hump. Hal itu dicirikan dengan ketidakmampuannya untuk memasang tali bra dari belakang. Jadi penderita harus memutarnya ke depan, mengikat dan kemudian bergerak di sekitar ke belakang. Selain itu juga dicirikan dengan ketidakmampuan penderita untuk berdiri tegak.

Mengingat widow’s hump disebabkan oleh osteoporosis (penipisan tulang), maka untuk mencegah widow’s hump kita harus mencegah osteoporosis. Pencegahan osteoporosis dapat dilakukan denga pemberian vitamin D dan kalsium yang cukup, karena dengan pemberian vitamin D dan kalsium yang cukup dapat menghambat penipisan tulang. Sekarang ini Institut Kesehatan Nasional telah merekomendasikan bahwa semua wanita pra-menopause harus mendapatkan sekitar 1000 mg kalsium per hari. Sedangkan wanita pasca-menopause harus mendapatkan setidaknya 1500 mg kalsium per hari. Kalsium dapat diperoleh dalam sejumlah makanan, seperti sayuran hijau gelap (seperti bayam), keju dan susu. Sekitar 300 mg kalsium ditemukan dalam 8 ons susu, 16 ons keju atau 1 ons keju keras.
2.      Apakah pemberian susu berkalsium tinggi seperti anlene itu efektif untuk mengatasi osteoporosis? Beri alasannya?

Sekarang banyak produk susu tinggi kalsium olahan pabrik yang beredar di masyarakat. Produk susu tersebut merupakan hasil rekombinasi dan fortifikasi yang telah mengalami proses pemanasan tinggi dalam waktu yang lama. Hal itu mengakibatkan kandungan gizi asli dari susu segar telah mengalami reduksi, sehingga manfaat susu sebagai hasil interaksi molekul-molekul yang ada didalamnya tidak akan diperoleh secara optimal. Apalagi proses pemanasan tinggi pada pembuatan susu bubuk tentunya dapat mereduksi kandungan protein, vitamin maupun kandungan gizi lainnya yang peka dengan proses pemanasan.

Minuman kental berwarna putih itu sangat kaya dengan kandungan gizi. Baik susu yang dihasilkan dari sapi, kerbau, atau kambing semuanya mengandungkan zat gizi yang sangat tinggi. Produk-produk susu ini biasanya memberikan suplementasi kalsium sebesar 1200 mg kalsium perhari jika diminum 2 gelas tiap hari. Dalam mengkonsumsi susu tinggi kalsium kita juga harus berhati-hati, karena terlalu banyak menonsumsi susu kalsium tinggi setiap harinya, kita dapat mengalami suatu hipercalcemia (terdapat jumlah kalsium yang melebihi kebutuhan normal dalam darah).

Jika dibandingkan antara susu olahan dan susu segar, maka dengan mengkonsumsi susu segar 2 gelas sehari, yaitu pada pagi dan sore, sudah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Satu gelas susu segar sebanyak 200 – 250 ml sudah mengandung 500 – 650 mg kalsium atau separoh dari kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya.

Selain dari susu, kita dapat memperoleh kalsium dari aneka makanan seperti sayuran hijau, tahu, ikan, udang, teri, dan beberapa jenis kacang-kacangan. Susu hanyalah salah satu sumber kalsium yang penyerapannya lebih mudah di usus. Kalau konsumsi susu sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium, mungkin tidak perlu tambahan asupan sumber lain. Namun, lebih baik mendapatkannya dari sumber yang beragam.

3.      Apakah pemberian hormon replacement therapy kepada wanita menopause itu bermanfaat atau tidak? alasannya?

Hormone replacement therapy (HRT), yang mengandung estrogen alamiah dikombinasi dengan progesteron, saat ini banyak digunakan pada wanita pasca menopause untuk mengurangi gajala-gejala yang berhubungan dengan penurunan estrogen. Hal ini disebabkan karena estrogen berperan dalam mineralisasi tulang.
Terapi hormon ini juga diduga memiliki manfaat jangka panjang untuk mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Studi menunjukkan bahwa terapi hormon dapat mencegah keropos tulang yang terjadi setelah menopause, yang mengurangi resiko yang berhubungan dengan osteoporosis pinggul patah.

Wanita yang memilih terapi hormon standar pada saat (tanpa pembedahan) menopause biasanya mengambil estrogen dan progestin, versi manusia terbuat dari progesteron. Hal ini juga dapat mengurangi gejala vagina menopause, seperti kekeringan, terbakar gatal, dan ketidaknyamanan dengan hubungan seksual.

Selain hormon ini dapat mengatasi penyakit jantung dan osteoporosis, dia juga dapat berisiko kanker payudara dara pada wanita pengguna. 


4.      Kenapa defisiensi vitamin D di malaysia > 50%?

Kita tahu bahwa Malaysia merupakan negara dengan penyinaran cahaya matahari cukup optimal. Pada kenyataannya banyak warga Malaysia yang mengalami defisiensi vitamin D atau lebih dikenal sebagai vitamin sinar matahari.

Sebuah penelitian baru menemukan 70,4%  anak-anak di Kuala Lumpur kekurangan vitamin D. Mereka  juga menemukan sejumlah anak yang kekurangan gizi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin D mereka hampir mencapai angka nol. Hal ini disebabkan  karena hampir tidak ada makanan Malaysia yang diperkaya dengan vitamin. Padahal vitamin D merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kekurangan gizi pada anak-anak.
Faktor lain adalah kebanyakan anak tidak aktif secara fisik, sebagaimana ditentukan oleh keterlibatan mereka dalam olahraga sekolah dan modus transportasi ke sekolah-sekolah. Hanya sekitar 10% dari mereka yang berpartisipasi dalam permainan sekolah secara teratur.




Data publikasi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar