Rabu, 11 Mei 2011

forty fat female


TUGAS FISIOLOGI

1.      Apa itu forty fat female?
Batu empedu merupakan bahan kristalin yang dibentuk oleh tubuh yang mengalami   penimbunan. Batu empedu dapat terjadi di sepanjang sistem empedu, meliputi kantung empedu dan saluran empedu. Karakteristik ukuran batu empedu bervariasi, dari sebesar pasir sampai sebesar bola golf.
Batu empedu sering dijumpai pada wanita (female) yang berusia lebih dari 40 tahun (fourty), postur tubuh yang obesitas atau kegemukan (fat), dan tidak mempunyai keturunan (fertil). National Digestive Disease information Clearinghouse (NDDIC) melaporkan bahwa kelebihan estrogen  menjadi faktor yang mendukung pengembangan batu empedu. Tubuh yang kelebihan berat badan, kelebihan lemak atau obesitas menyebabkan peningkatan estrogen. Kelebihan berat badan juga mengurangi garam empedu dalam empedu. Wanita yang mengambil terapi penggantian hormon atau pil KB menambahkan estrogen untuk tubuh mereka sebagai bagian dari pengobatan dan meningkatkan sirkulasi estrogen. Hal ini meningkatkan tingkat kolesterol dalam empedu dan mengurangi gerakan kantong empedu yang merupakan prekursor untuk batu empedu. Wanita yang telah hamil lebih mungkin untuk membentuk batu empedu daripada wanita yang belum hamil. Kehamilan meningkatkan risiko batu empedu kolesterol karena selama kehamilan, empedu mengandung lebih banyak kolesterol, dan kantong empedu tidak berkontraksi secara normal.
2.      Apa hubungan kolesterol dengan batu empedu?
Konsumsi lemak yang berlebihan akan menyebabkan penumpukan di dalam tubuh sehingga sel-sel hati dipaksa bekerja keras untuk menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu yang berwarna hijau kecoklatan bertugas dalam proses penyerapan lemak dan vitamin A, D, E, dan K. Cairan empedu penting dalam proses pencernaan, terutama lemak.
cairan empedu disimpan di kantong empedu yang terletak di bawah organ hati. Bila kadar kolesterol dalam tubuh meningkat dan hati tak bisa lagi mengeluarkannya, maka akan terbentuk batu empedu. Pada orang yang memiliki bakat kolesterol tinggi, ada lebih banyak lagi tumpukan kolesterol, dan sangat bisa mencetuskan batu empedu. Awalnya kolesterol mengendap, lalu biasanya terjadi penebalan dinding empedu. Selanjutnya akan terjadi perubahan kimiawi pada empedu yang disebut batu empedu.


Data Publikasi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar